RESENSI BUKU
JUDUL RESENSI : BELAJAR
DAN PEMBELAJARAN
Oleh : Septiar Mibnul (Staff PBG Tuban)
Oleh : Septiar Mibnul (Staff PBG Tuban)
Judul
Buku : Belajar dan Pembelajaran
Penulis : Dr. Dimyati dan Drs.Mudjiono
Penerbit : Rineka Cipta
Cetakan : 5,
2013
Tebal : ix, 298 Halaman. ; 20,5 cm
ISBN : 978-979-518-823-0
ULASAN BUKU
Buku Belajar dan Pembelajaran yang diterbitkan dengan kerjasama antara Departemen Pendidikan & Kebudayaan dengan Penerbit Rineka Cipta ini bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan pendidikan tenaga kependidikan dengan memberikan dasar, arah, dan titik tolak kegiatan perkuliahan sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terprogram.
Belajar merupakan hal yang kompleks. Kompleksitas belajar tersebut
dapat dipandang dari dua subyek, siswa dan guru. Dari segi siswa, belajar
dialami sebagai suatu proses, yakni proses mental dalam menghadapi bahan
belajar yang berupa keadaan, hewan, tumbuhan, manusia, dan bahan yang telah
terhimpun dalam buku pelajaran. Dari segi guru proses belajar tampak sebagai perilaku
belajar tentang sesuatu hal. Belajar merupakan proses internal yang kompleks,
melibatkan ranah-ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Seyogianya guru
dapat mengatur acara pembelajaran yang sesuai fase-fase belajar dan hasil
belajar yang dikehendaki.
Buku ini memuat hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh
pendidik dalam menyusun acara pembelajaran. Di antaranya prinsip belajar dan
asas pembelajaran, motivasi belajar, pendekatan CBSA dan keterampilan proses,
masalah-masalah belajar, serta pengembangan kurikulum.
Bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, dan praktisi
pendidikan.
Buku ini terdiri dari 8 bab yang setiap
babnya terdapat subbab- subbab didalamnya. Bab pertama berjudul Hakikat Belajar
dan Pembelajaran yang terdiri dari 3 sub bahasan. Bab satu membahas tentang
hakikat belajar dan pembelajaran itu sendiri; ciri-ciri umum belajar dan
pembelajaran; langkah-lagkah pembelajaran; tujuan pembelajaran dan belajar;
unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran. Bab ini merupakan bab
pengantar untuk bab-bab selanjutnya. Sehingga terdapat keterkaitan antara bab
ini dengan yang lainnya.
Bab
dua yang berjudul Prinsip-prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran inti bahasannya
adalah tentang teori-teori dan prinsip-prisip belajar. Di antara
prinsip-prinsip belajar yang penting adalah perhatian dan motivasi belajar
siswa, keaktifan belajar, keterlibatan dalam belajar, pengulangan belajar,
tantangan semangat belajar, pemberian balikan dan penguatan belajar, serta
adanya perbedaan dalam perilaku belajar. Prinsip-prinsip belajar tersebut
bertujuan untuk meningkatkan usaha belajar siswa dan pembelajaran dari guru.
Bab
3 yaitu Motivasi Belajar memeiliki keterkaitan yang erat dengan bab sebelumnya
yang membahas tentang prinsip-prinsip belajar. Pokok bahsannya adalah jenis
motivasi belajar bagi siswa, pentingnya motivasi dalam belajar, serta upaya
peningkatan motivasi belajar siswa. Selain jenis motivasi juga dijelaskan
tentang sifat motivasi belajar siswa. Sedangkan tujuannya adalah agar guru
dapat bertindak taktis dan kreatif dalam mengelola motivasi belajar siswa,
sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal sebagai perwujudan program
belajar sepanjang hayat.
Bab
selanjutnya tentang Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses dalam
Pembelajaran. Pada bab ini ditekankan bahwa kegiatan belajar yang menjadikan
guru sebagai pelaku utama adalah salah pengertian. Hal ini perlu di tinggalkan
dan diperbaiki dengan adanya pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).
Pendekatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterlibatan
intelektual-emosional-fisik siswa dalam memperoleh pengetahuan, sikap, nilai
dan keterampilan. Pembelajaran dengan CBSA dapat dilakukan guru dengan
Pendekatan Keterampilan Proses (PKP). PKP sendiribersumber dari
kemampuan-kemampuan dasar yang telah ada dalam diri siswa.
Bab
kelima yaitu Pendekatan Pembelajaran merupakan usaha untuk meningkatkan
kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengolahan
pesan sehingga tercapai sasaran belajar. Peran guru adalah sebagai penentu
pendekatan yang akan digunakan yang sebaiknya sesuai dengan pendekatan CBSA,
sehingga terjadi peningkatan kemampuan siswa.
Bab
enam yaitu Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran menjelaskan tentang
evaluasi dalam proses pendidikan, selain itu juga tentang fungsi, tujuan,
sasaran, dan prosedur evaluasi hasil belajar dan pembelajaran. Dalam evaluasi
hasil belajar disebutkan pula kaidah-kaidah penulisan untuk tiap-tiap bentuk
soal. Evaluasi hasil belajar berfungsi untuk diagnostik dan pengembangan,
seleksi, kenaikan peringkat belajar, serta penempatan siswa. Tujuan dari
evaluasi-evaluasi tersebut adalah guna meningkatkan kualiatas hasil belajar
siswa.
Masalah-masalah
Belajar yang dibahas pada bab tujuh berkaitan juga dengan bab tiga tentang
Motivasi Belajar. Namun pada bab ini lebih ditekankan pada penjelasan tentang
masalah pada pembelajaran yang berupa masalah ekstern dan intern, dijelaskan
juga tentang penyebab timbulnya masalah-masalah pembelajaran dan alternatif
pemecahan masalah-masalah tersebut. Sedangkan guru dalam bab ini diharapkan
memiliki kemampuan melakukan penelitian secara sederhana agar dapat menemukan
masalah-masalah belajar dan memecahkan masalah tersebut dalam rangka
peningkatan kualitas belajar siswa.
Bab
delapan yaitu Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum sebenarnya adalah inti
dari bab-bab sebelumnya. Dengan adanya pengembangan kurikulum, pendekatan
pembelajaran, evaluasi belajar dan pembelajaran, serta pemecahan masalah
pembelajaran dapat tercapai dengan mudah. Karena setiap kegiatan pembelajaran
guru berpangkal pada suatu kurikulum, begitu juga dalam proses pembelajaran
guru juga berorientasi pada tujuan kurikulum, hal itu menunjukkan bahwa dalam
tugas pembelajran dipersyaratkan agar guru memahami kurikulum.
Kedelapan
bab dalam buku Belajar dan Pembelajaran ini berupa pengarahan bagi para calon
guru agar nantinya menjadi guru yang profesional dan dapat mengikuti perkembangan
jaman terutama dalam bidang pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar