Kamis, 23 April 2015

RESENSI BUKU 
JUDUL RESENSI : KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF
Oleh : Syamsul Effendi


Identitas Buku
Judul Buku      : Kepemimpinan Yang Efektif
 Penulis            : Hadari Nawawi, M. Martini Hadari
ISBN               : 979-420-798-5
Penerbit           :  Gadjah Mada University Press
Cetakan           :  ke-6
Tahun Terbit    :  2012
Isi                    :  xii+ 233 halaman


Penulis : Prof. Dr. H Hadari Nawawi, Guru Besar Utama Universitas Terbuka lahir di Pemangkat Sambas Kalimantan Barat, 18 Januari 1942. Karirnya sebagai pendidikan dimulai semasa masih menjadi mahasiswa 1961-1965. Disamping mengajar Prof. Dr. H Hadari Nawawi juga pernah menjabat sebagai pembantu dekan Koordinator 1 IKIP Bandung banyak tanda jasa dan penghargaan yang telah diperoleh seperti Satya Lencanakarya Setia kelas 1 dari Presiden Republik Indonesia.

Synopsis : Kepemimpinan berlangsung dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kepemimpinan sebagai suatu proses dapat berlangsung di dalam dan di luar suatu organisasi. Kepemimpinan yang efektif merupakan proses yang dinamis, karena berlangsung di lingkungan suatu organisasi sebagai sistem kerjasama sejumlah manusia untuk mencapai tujuan tertentu, yang bersifat dinamis pula. Kepemimpinan yang efektif merupakan proses yang bervariasi, karena dipengaruhi oleh kepribadian pemimpin dalam mewujudkan hubungan manusiawi dengan orang-orang yang dipimpinnya. Didalam proses seperti itu kepemimpinan akan berlangsung efektif, apabila fungsi-fungsi kepemimpinan diwujudkan sesuai dengan type kepemimpinan yang mampu memberikan peluang bagi orang yang dipimpin, untuk ikut berperan serta dalam menetapkan dan melaksanakan keputusan-keputusan. Dengan demikian berarti setiap kreativitas dan inisiatif dalam kepemimpinan yang efektif harus disalurkan dan dimanfaatkan. Kepemimpinan merupakan masalah manusia, karena yang memimpin dan yang dipimpin adalah manusia, yang memiliki berbagai keterbatasan. Keterbatasan tersebut tidak dapat dilampaui manusia, yang mengharuskan kepemimpinan dilaksanakan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kepemimpinan yang dipimpin. Prosesnya dapat dimanifestasikan dalam kegiatan kaderisasi, yang dapat menjadi sarana untuk secara terus menerus meningkatkan kualitas kepemimpinan, karena kepemimpinan tidak dapat dilaksanakan sekedar sebagai kegiatan rutin.

Kepemimpinan yang efektif seperti tersebut di atas, hanya terwujud jika mampu menghormati hak-hak asasi manusia, meskipun akan selalu menghadapkan kepemimpinan pada berbagai konflik. Untuk itu kepemimpinan yang efektif harus mampu menyelesaikan setiap konflik, sebagai bagian dari prosesnya yang dinamis.

Ikhtisar : Memang tidak mudah menjadi seorang pemimpin yang baik, tengoklah ada pemimpin yang memiliki legitiminasi, tetapi dia memposisikan dirinyan sebagai minoritas yang powerless, ada bahkan pemimpin resmi yang menempatkan dirinya sebagai oposisi dan melakukan perlawanan dari jauh, ada bahkan pemimpin tidak peduli dengan orang-orang yang dipimpinya, sebaliknya dia malah berasik-asik mempertahankan kekuasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar