Selasa, 30 Juni 2015

Cerita Tentang Sertifikasi Guru Yang Selalu Dirindukan para Pendidik
Oleh : Nur Aini A, S.kom
Guru Ahli PBG Tuban

            Setiap Pendidik di Indonesia semenjak tahun 2007 mendapatkan berita gembira terkait pelaksanaan proses sertifikasi guru. Kenapa dalam proses sertifikasi guru ada yang menarik? Salah satu jawabannya adalah karena adanya uang tunjangan sertifikasi bagi guru yang lolos dalam proses sertifikasi tersebut dengan bukti mendapat sertifikat pendidik.
            Terlepas dari pro dan kontra akan proses sertifikasi guru, ada banyak perubahan yang berarti di dunia pendidikan semenjak sertifikasi guru bergulir. Pada tahun 2015 sekarang ini terdapat perubahan pola dalam proses sertifikasi guru. PPG (Pendidikan Profesi Guru) menjadi tambahan pola dalam proses sertifikasi guru bagi para pendidik yang diangkat setelah tahun 2005. Pada pola baru ini pelaksanaan sertifikasi guru lebih lama dan lebih rumit.
                 Apabila gaji para guru dibandingkan dengan profesi guru dinegara lain, misalnya Swiss, Belanda, Jerman dan Belgia maka Indonesia menempati posisi paling buncit dengan gaji guru rata-rata hanya US$ 2.830 atau sekitar 34,4 juta per tahun ( sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2139613/daftar-gaji-guru-di-30-negara-ri-peringkat-berapa). maka memang sangat diperlukan adanya peningkatan gaji guru di Indonesia. dan seiring. Dan seiring dengan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa, sudah seharusnya salah satu faktor pendorong para pendidik lebih berkualitas dan bersemangat harus ditingkatkan. Yaitu terkait tunjangan kesejahteraan guru atau lebih dikenal sebagai tunjangan sertifikasi guru.
            Secara manusiawi setiap orang ingin hidup sejahtera dengan terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan primer tersebut harus dipenuhi menyusul kemudian pemenuhan akan kebutuhan sekunder dan tersier. Semakin sejahtera seseorang tatkala bisa mencapai pemenuhan kebutuhan tersier seperti kebutuhan barang mewah. Dan apakah dengan sertifikasi guru kebutuhan primer, sekunder dan tersiaer bisa terpenuhi? Semoga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar