Rabu, 11 Maret 2015

LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH
PUSAT BELAJAR GURU TUBAN
TAHUN 2015


I.                 PENDAHULUAN
            Guru sebagai pendidik professional harus memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan ahlak mulia. Guru harus memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian guru harus memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial dalam mengembangkan mutu kinerja mereka. Dengan berperan aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah, guru akan senantiasa dapat mewujudkan cita-cita luhur bangsa yang tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan fungsi pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
            Pusat Belajar Guru, merupakan unit akademis yang bertujuan untuk menyediakan dukungan dan layanan kepada para guru & pendidik untuk dapat meningkatkan kemampuan pedagogis serta profesionalismenya sebagai seorang tenaga pendidik.
   Sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalitas tersebut, Pusat Belajar Guru Tuban menyelenggarakan LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH bagi Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Pemerhati Pendidikan Se-Kabupaten Tuban.

II.              TEMA LOMBA:
KREATIFITAS DAN INOVASI MEMBUAT PEMBELAJARAN LEBIH BERKUALITAS

III.           TUJUAN LOMBA
1.   Memotivasi dan menginspirasi guru untuk menemukan atau menciptakan pembelajaran terbaik.
2.  Meningkatkan dan mengembangkann minat, bakat kebiasaan dan budaya guru dalam melakukan karya tulis ilmiah atau karya inovatif secara baik dan benar sebagai salah satu kegiatan dari pengembangan profesi guru.
3. Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran (best practice) sebagai referensi bagi guru lainnya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
4.  Meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi serta media lainnya yang berbasis kearifan local dalam proses pembelajaran.

IV.            KETENTUAN LOMBA
1.       Lomba bersifat perorangan dan kelompok (maksimal 3 orang)
2.      Hasil karya kreatifitas sesuai dengan ruang lingkup tema yang dipilih
3.       Isi Naskah lomba berupa:
a.   Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang menggambarkan kreatifitas dan inovasi guru mulai dari perencanaan (PTK)
b.  Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan peneliti untuk meningkatkan kinerja sekolah (PTS)
4.     Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya lomba individu dan atau satu karya kelompok (maksimal 3 orang) sesuai dengan tema yang dipilih.
5.      Persyaratan administrasi:
a. Pernyataan penulis bahwa karya tersebut seluruhnya asli hasil karya sendiri, bukan plagiat dan belum pernah diikutsertakan pada lomba lain. 
b.    Biodata peserta
c.  SK terakhir menjadi guru PNS atau non PNS (guru tetap yayasan dan guru honorer pada sekolah negeri yang diangkat oleh pejabat berwenang) (guru)
d.    Identitas yang masih berlaku.
e.    Lembar pengesahan naskah lomba oleh kepala sekolah.
6.       Naskah lomba dikirim kepada panitia lomba dengan ketentuan sebagai berikut:
a.    Diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan 1,5 spasi dengan huruf ukuran 12, serta  jenis huruf Times New Roman.
b.    Maksimal 20-40 halaman (selain lampiran)
c.    Dijilid dan diberi sampul
d.    Kerangka penulisan naskah lomba terdapat pada lampiran.
e.    Wajib disertai dengan soft copy naskah lomba
f.    Naskah lomba dan bukti fisik lainnya di masukkan ke dalam sampul, pada pojok kiri atas sampul ditulis “Lomba Penulisan Karya Ilmiah Tahun 2015”
g.    Bagi peserta yang ditetapkan sebagai finalis lomba, membawa bahan presentasi berupa file dalam VCD  atau bentuk lain untuk dipresentasikan dan rekaman audio visual karya lomba.
7.  Naskah lomba dan atau rekaman audio visual finalis menjadi milik panitia dan hak penerbitan berada pada Pusat Belajar Guru Tuban.

V.               RUANG LINGKUP LOMBA
            Bidang kegiatan yang dilombakan pada Lomba Penulisan Karya Ilmiah 
          Tahun 2015:
1.      Hasil Penelitian Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan PTS.
2.  Best Practice tentang kegiatan yang telah dilaksanakan dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.
3.      Karya inovatif yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa:
a.       Penerapan Teknologi Tepat Guna 
Karya teknologi tepat guna yang berbasis kearifan lokal merupakan karya hasil  rancangan/ pengembangan/ percobaan dalam  bidang  sains dan atau
teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu.
b.      Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
1)      Alat pelajaran
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan pada khususnya dari proses pendidikan di sekolah untuk digunakan pada mata pelajaran yang diampu.
2)      Alat peraga
Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/ teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan pada mata pelajaran yang diampu.
3)     Alat praktikum
Adalah alat yang digunakan untuk praktikum pada mata pelajaran yang diampu.
c.       Menciptakan dan atau mengembangkan karya seni sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

VI.            ASPEK YANG DINILAI
1.      Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba
2.      Bersifat kreatif dan inovatif
3.      Karya mengarah pada  unsur spesifik/khas
4.      Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
5.      Kesesuaian dengan situasi/kondisi tempat guru bertugas (kearifan lokal)
6.      Kebermanfaatan dalam proses pembelajaran
7.      Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
8.      Memenuhi aspek APIK (asli, perlu, ilmiah, dan konsisten).


VII.         PERSYARATAN
1.      Karya belum pernah menjadi pemenang dalam lomba sejenis.
2.  Karya belum pernah dipublikasikan dalam media dalam kurun waktu 2 (dua tahun) terakhir.
3. Karya tulis yang memenuhi syarat akan dipilih 6 besar untuk mengikuti babak presentasi/seminar.
4.     Karya tulis yang masuk 10 besar terbaik berhak untuk dipublikasikan melalui jurnal ilmiah PBG Tuban.

VIII.      KEJUARAAN DAN HADIAH
1.      Pemenang kategori individu:
a.       Juara 1 hadiah Rp 1.500.000,00
b.      Juara 2 hadiah Rp 1.000.000,00
c.       Juara 3 hadiah Rp 750.000,00
2.      Pemenang kategori Tim: Juara 1 hadiah Rp 1.500.000,00
3.      Finalis dan Peserta menerima piagam penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah raga Kabupaten Tuban.

IX.            WAKTU PELAKSANAAN DAN KETENTUAN PESERTA
1.      Lomba dibuka sejak tanggal 15 Pebruari - 15 Juni 2015,
2.      Penjurian tanggal 16 - 20 Juli 2015
3.      Seminar Finalis 24 - 25 Juni 2015
4.      Pengumuman tanggal 30 Juni 2015.
5.      Penerbitan Jurnal: Juli 2015.

X.               MEKANISME REGISTRASI DAN PENGUMPULAN KARYA
1.      Naskah karya PTK/PTS dikirimkan kepada: Panitia Lomba Penulisan Karya Ilmiah Pusat Belajar Guru Tuban Jl. Panglima Sudirman No 283 Tuban, dan soft copy file dikirim ke E-mail: pbg_tuban@yahoo.com. Penerimaan naskah lomba paling lambat tanggal 15 Juni 2015 (cap pos dan e-mail pukul 24.00 wib).
2.      Peserta mengirimkan karya tulis dalam bentuk hard copy sebanyak 3 rangkap via pos atau dikirim langsung. Jika telah mengirim karya diharapkan konfirmasi   ke   081553737238 dengan   format:    Nama  Peserta /Ketua Tim_Unit Kerja/Instansi. Judul Karya. Selain itu, peserta mengirim soft file karya tulis dalam bentuk pdf dengan format nama file sebagai berikut: Nama Pesrta/Ketua Tim_Unit Kerja/Instansi_ 3 Kata Pertama dari Judul Karya (Contoh: Andri_SDN Kebonsari II_ Peningkatan Prestasi Belajar), file dikompres ke bentuk zip/rar dan dikirim via e-mail ke E-mail: pbg_tuban@yahoo.com.
3.      Karya tulis dan berkas kelengkapannya dimasukkan dalam amplop coklat tertutup, di sudut kiri atas amplop ditulisi “LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH PBG TUBAN TAHUN 2015”.

XI.            SUSUNAN PANITIA LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH
a.         Pelindung               : Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga Kab Tuban
b.         Penanggung jawab: Fathul Muin, M. Pd.
c.         Ketua                     : Ismail, S. Pd., M. Pd
d.        Sekretaris               : 1. Rita Fatmawati, S. TP.
                2. Syamsul Effendi, S.T.
e.         Bendahara             : Dra. Muniroh

f.          Seksi Publikasi      : 1. Ponco Bagyo S, ST.
                                                   2. Dudung Kusno Adi, ST.
                                                   3. Dra. Dewi Insani, M.Pd.
                                                   4. Vera Khairun Nissa, M.Pd.

g.         Juri Lomba             :
1.    Sumarno, SH, M.Hum (Diknas)
2.    EMCL
3.    PSF-SDO
4.    DR. Dian Supiana, M.Pd. 
     (Universias PGRI Ronggolawe Tuban).

h.         Penyeleksi Naskah Awal:
1.    Fathul Muin, M. Pd.
2.    Ismail, S.Pd., M.Pd.
3.    Drs. Sucandi, M. Pd.
4.    Drs. M. Choirur Rofiq, M. Pd.
5.    DR. Zaenal Arifin, M. Pd.
6.    Umirindiyah, S.Pd., MM.
7.    Yatiningsih, S.Pd., M.Pd.
8.    Tri Erni H, M. Pd.
9.    Dra. Kasriatin, M. Pd.


XII.         PENUTUP
Demikian Panduan Lomba Penulisan Karya Ilmiah ini dibuat dengan harapan dapat digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan lomba. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan bantuannya guna mendukung suksesnya kegiatan tersebut.

                                              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar