LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH
PUSAT BELAJAR GURU TUBAN
TAHUN 2015
I.
PENDAHULUAN
Guru sebagai pendidik professional
harus memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan,
ketakwaan, dan ahlak mulia. Guru harus memiliki kesempatan untuk mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat. Dengan
demikian guru harus memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan
sosial
dalam mengembangkan mutu kinerja mereka. Dengan berperan aktif dalam berbagai
kegiatan ilmiah, guru akan senantiasa dapat mewujudkan cita-cita luhur bangsa
yang tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni mencerdaskan kehidupan
bangsa dan fungsi pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Pusat Belajar Guru, merupakan
unit akademis yang bertujuan untuk menyediakan dukungan dan layanan kepada para
guru & pendidik untuk dapat meningkatkan kemampuan pedagogis serta
profesionalismenya sebagai seorang tenaga pendidik.
Sebagai bagian dari upaya meningkatkan
profesionalitas tersebut, Pusat Belajar Guru Tuban menyelenggarakan LOMBA
PENULISAN KARYA ILMIAH bagi
Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Pemerhati Pendidikan Se-Kabupaten
Tuban.
II.
TEMA LOMBA:
“KREATIFITAS DAN INOVASI MEMBUAT PEMBELAJARAN LEBIH
BERKUALITAS”
III.
TUJUAN LOMBA
1. Memotivasi dan menginspirasi guru untuk menemukan
atau menciptakan pembelajaran terbaik.
2. Meningkatkan dan mengembangkann minat, bakat kebiasaan dan
budaya guru dalam melakukan karya tulis ilmiah atau karya
inovatif secara baik dan benar sebagai salah satu kegiatan dari pengembangan
profesi guru.
3. Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang
berhasil meningkatkan mutu pembelajaran (best practice) sebagai
referensi bagi guru lainnya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
4. Meningkatkan teknologi informasi dan
komunikasi serta media lainnya yang berbasis kearifan local dalam proses
pembelajaran.
IV.
KETENTUAN LOMBA
1. Lomba bersifat perorangan dan kelompok (maksimal 3 orang)
2. Hasil karya kreatifitas sesuai dengan ruang lingkup
tema yang dipilih
3. Isi Naskah lomba berupa:
a. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran yang menggambarkan kreatifitas dan inovasi guru mulai dari
perencanaan (PTK)
b. Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan peneliti
untuk meningkatkan kinerja sekolah (PTS)
4. Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya lomba individu
dan atau satu karya kelompok (maksimal 3 orang) sesuai dengan tema yang dipilih.
5. Persyaratan administrasi:
a. Pernyataan penulis bahwa karya tersebut seluruhnya
asli hasil karya sendiri, bukan plagiat dan belum pernah diikutsertakan pada
lomba lain.
b. Biodata peserta
c. SK terakhir menjadi guru PNS atau non PNS (guru
tetap yayasan dan guru honorer pada sekolah negeri yang diangkat oleh pejabat
berwenang) (guru)
d. Identitas yang masih berlaku.
e. Lembar pengesahan naskah lomba oleh kepala sekolah.
6. Naskah lomba dikirim kepada panitia lomba dengan
ketentuan sebagai berikut:
a. Diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan
1,5 spasi
dengan huruf ukuran 12, serta jenis
huruf Times New Roman.
b. Maksimal 20-40 halaman (selain lampiran)
c. Dijilid dan diberi sampul
d. Kerangka penulisan naskah lomba terdapat pada
lampiran.
e. Wajib disertai dengan soft copy naskah lomba
f. Naskah lomba dan bukti fisik lainnya di masukkan ke dalam sampul,
pada pojok kiri atas sampul ditulis “Lomba
Penulisan Karya Ilmiah Tahun 2015”
g. Bagi peserta yang ditetapkan sebagai finalis lomba,
membawa bahan presentasi berupa file dalam VCD atau bentuk lain untuk dipresentasikan dan
rekaman audio visual karya lomba.
7. Naskah lomba dan atau
rekaman audio visual finalis menjadi milik panitia dan hak penerbitan berada
pada Pusat Belajar Guru Tuban.
V.
RUANG LINGKUP LOMBA
Bidang kegiatan yang dilombakan pada Lomba
Penulisan Karya Ilmiah
Tahun 2015:
1. Hasil Penelitian Eksperimen,
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan PTS.
2. Best Practice tentang kegiatan yang telah
dilaksanakan dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.
3. Karya inovatif yang digunakan dalam proses
pembelajaran berupa:
a. Penerapan Teknologi Tepat Guna
Karya teknologi tepat guna yang berbasis kearifan lokal
merupakan karya hasil rancangan/ pengembangan/ percobaan
dalam bidang sains dan atau
teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan
menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan
untuk melaksanakan pembelajaran
pada mata pelajaran yang
diampu.
b. Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
1) Alat pelajaran
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk
membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan
pada khususnya dari proses pendidikan di sekolah untuk digunakan pada mata
pelajaran yang diampu.
2) Alat peraga
Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk
memperjelas konsep/ teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses
pembelajaran atau bimbingan pada mata pelajaran yang diampu.
3) Alat praktikum
Adalah alat yang digunakan untuk praktikum pada mata
pelajaran yang diampu.
c. Menciptakan dan atau mengembangkan karya seni sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu
VI.
ASPEK YANG DINILAI
1. Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba
2. Bersifat kreatif dan inovatif
3. Karya mengarah pada unsur spesifik/khas
4. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
5. Kesesuaian dengan situasi/kondisi tempat guru
bertugas (kearifan lokal)
6. Kebermanfaatan dalam proses pembelajaran
7. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
8. Memenuhi aspek APIK (asli, perlu, ilmiah, dan konsisten).
VII.
PERSYARATAN
1. Karya belum pernah menjadi pemenang dalam lomba
sejenis.
2. Karya belum pernah dipublikasikan dalam media dalam
kurun waktu 2 (dua tahun) terakhir.
3. Karya tulis yang memenuhi syarat akan dipilih
6 besar untuk mengikuti babak presentasi/seminar.
4. Karya tulis yang masuk 10 besar terbaik berhak
untuk dipublikasikan melalui jurnal ilmiah PBG Tuban.
VIII.
KEJUARAAN
DAN HADIAH
1. Pemenang
kategori individu:
a. Juara 1 hadiah Rp 1.500.000,00
b. Juara 2 hadiah Rp 1.000.000,00
c. Juara 3 hadiah Rp 750.000,00
2. Pemenang kategori Tim: Juara 1 hadiah Rp 1.500.000,00
3. Finalis dan Peserta menerima piagam penghargaan dari
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah raga Kabupaten Tuban.
IX.
WAKTU PELAKSANAAN DAN KETENTUAN PESERTA
1. Lomba
dibuka sejak tanggal 15 Pebruari - 15 Juni
2015,
2. Penjurian tanggal 16 - 20 Juli
2015
3. Seminar Finalis 24 - 25 Juni 2015
4. Pengumuman tanggal 30 Juni 2015.
5. Penerbitan Jurnal: Juli 2015.
X.
MEKANISME
REGISTRASI DAN PENGUMPULAN KARYA
1. Naskah karya PTK/PTS dikirimkan kepada: Panitia Lomba Penulisan
Karya Ilmiah Pusat Belajar Guru Tuban Jl. Panglima Sudirman No
283 Tuban,
dan soft copy file dikirim ke E-mail: pbg_tuban@yahoo.com. Penerimaan
naskah lomba paling lambat tanggal 15 Juni 2015 (cap pos dan e-mail pukul 24.00
wib).
2.
Peserta
mengirimkan karya tulis dalam bentuk hard copy sebanyak 3 rangkap via
pos
atau dikirim langsung.
Jika telah mengirim karya diharapkan konfirmasi ke 081553737238 dengan format: Nama Peserta /Ketua
Tim_Unit Kerja/Instansi. Judul
Karya. Selain itu,
peserta mengirim soft file karya tulis dalam bentuk pdf dengan
format nama file sebagai berikut: Nama Pesrta/Ketua Tim_Unit Kerja/Instansi_ 3 Kata Pertama dari Judul Karya (Contoh: Andri_SDN Kebonsari II_ Peningkatan Prestasi Belajar), file dikompres ke bentuk zip/rar dan dikirim via
e-mail ke E-mail: pbg_tuban@yahoo.com.
3.
Karya tulis dan berkas kelengkapannya dimasukkan dalam amplop
coklat tertutup, di sudut kiri atas amplop ditulisi “LOMBA PENULISAN KARYA
ILMIAH PBG TUBAN TAHUN 2015”.
XI.
SUSUNAN PANITIA LOMBA PENULISAN
KARYA ILMIAH
a.
Pelindung :
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga Kab Tuban
b.
Penanggung jawab:
Fathul Muin,
M. Pd.
c.
Ketua : Ismail, S. Pd., M. Pd
d.
Sekretaris : 1. Rita Fatmawati, S. TP.
2. Syamsul Effendi, S.T.
e.
Bendahara : Dra. Muniroh
f.
Seksi Publikasi : 1. Ponco Bagyo
S, ST.
2. Dudung Kusno Adi, ST.
3.
Dra. Dewi Insani, M.Pd.
4.
Vera Khairun Nissa, M.Pd.
g.
Juri Lomba :
1. Sumarno,
SH, M.Hum (Diknas)
2. EMCL
3. PSF-SDO
4.
DR. Dian Supiana, M.Pd.
(Universias PGRI
Ronggolawe Tuban).
h.
Penyeleksi Naskah Awal:
1. Fathul
Muin, M. Pd.
2. Ismail,
S.Pd., M.Pd.
3. Drs.
Sucandi, M. Pd.
4. Drs.
M. Choirur Rofiq, M. Pd.
5. DR.
Zaenal Arifin, M. Pd.
6. Umirindiyah,
S.Pd., MM.
7. Yatiningsih,
S.Pd., M.Pd.
8. Tri
Erni H, M. Pd.
9. Dra.
Kasriatin, M. Pd.
XII.
PENUTUP
Demikian Panduan Lomba Penulisan Karya Ilmiah ini
dibuat dengan harapan dapat digunakan
sebagai pedoman untuk pelaksanaan lomba. Kami mengucapkan terima kasih atas
kerjasama dan bantuannya guna mendukung suksesnya
kegiatan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar